Cara Bermain Clash of Clans Bagi Pemula

Advertisement
advertisement
cocbarbar.blogspot.co.id - Cara Bermain Clash of Clans Bagi Pemula - Baiklah pada kesempatan pertama kita kali, kita akan mengulas bersama mengenai game strategi Clash of Clans dan segaligus sebagai media pengenalan bagi seorang pemula. Sebuah game RTS (Real Time Strategy) yang belakangan ini menjadi list nomor satu untuk kelas game gratis di Android maupun di iOS ini, dikembangkan oleh perusahaan pembuat game asal Finlandia, yakni Supercell. Untuk ukuran game smartphone, game yang dirilis pertama kali untuk perangkat iOS pada 2 Agustus 2012 dan di Android pada 30 September 2013 ini, memang dibekali dengan konsep gameplay dan grafis yang luar biasa. Sehingga semenjak pertama kali hadir, tidak heran jika permainan yang satu ini, paling diminati di kalangan pengguna gadget di seluruh dunia, terutama di Indonesia.

Gambar Game Clash of Clans

Jika semisal kamu bertanya apa yang membuat Clash of Clans begitu fenomenal, menurut saya game strategi ini mempunyai konsep gameplay dan grafis paling luar biasa dari sejenenisnya. Sehingga kelebihan yang dimilikinya tersebut, mampu menghipnotis kalangan pengguna smartphone saat ini dan dinilai tidak membosankan untuk selalu dimainkan. Namun menurut saya itu sangat wajar-wajar saja, karena terlepas dari itu semua, memang developer Supercell adalah ahlinya. Mengapa demikian?, karena mereka juga mempunyai game lain dengan penawaran hampir serupa seperti Hay Day dan Boom Beach. Bahkan mereka juga baru merilis game terbarunya yang bernama Smash Land. Sayangnya game keluaran terbaru miliknya itu, sementara hanya tersedia untuk perangkat iOS dan belum tersedia di perangkat Android.

Secara keseluruan game ini tidak sulit untuk dimainkan. Bagi kamu yang pernah memainkan game strategi lainya milik Supercell seperti Boom Beach atau milik developer NEXTERS seperti Throne Rush, saya rasa bagi pemula yang akan memainkan game Clash of Clans ini tidak akan menemui kesulitan apapun jika semisal sudah pernah memainkan kedua game yang sudah saya sebutkan tadi. Bahkan bisa dibilang saat bermain Clash of Clans akan lebih mudah, karena game dengan ikon pasukan Barbarian tersebut cenderung lebih sederhana. Mengapa lebih sederhana?, bagaimana tidak untuk ukuran game mobile dengan kualitas gameplay dan grafis luar biasa itu, baik untuk perangkat Android dan iOS, hanya berkapasitas kurang dari 60MB. Maka dari itu, jangan berpikir panjang lagi untu segera menginstal dan langsung mencoba game tersebut.

Jika semisal sudah menginstal dan membuka game Clas of Clans tersebut, maka awalnya kamu juga akan diberi beberapa tutorial perihal bagaimana cara membangun desa, melindungi desa dari setiap serangan Goblin (musuh utama pada mode map single player) maupun dengan pemain lain. Secara garis besar di game ini bisa dibilang kamu adalah seorang raja yang harus sejeli mungkin membuat kebijakan dalam membangun setaip tata bangunan di desamu. Entah itu bangunan sumber daya, bagunan pertahanan, bagunan senjata sihir, bagunan Clan, barak, dan lain sebagainya yang jelas kamu harus sepintar mungkin jika desa kamu ingin berkembang lebih cepat. Beberapa bagunan yang sudah saya sebutkan tadi, tentunya mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Namun sebelum kamu membangun berbagai macam bagunan tersebut, kamu diharuskan terlebih dahulu membangun bangunan utama yang disebut "Town Hall" (benteng atau bangunan utama yang penting).

Gambar Tutor Clash of Clans

Town Hall di Clash of Clans sendiri bisa dibilang, layaknya sebuah gedung pemerintahan. Alhasil sebelum membangun dan menata base berbagai macam bagunan, atau meningkatkan (upgrade) macam bagunan, kamu diharuskan dulu untuk meng-upgrade bangunan Town Hall. Upgrade Town Hall sendiri mempunyai batas maksimal sampai 10 kali. Setiap peningkatan Town Hall sendiri juga akan perpengaruh ke pada berbagai macam bangunan yang kamu miliki, entah itu meng-upgrade atau menambah jenis bangunan. Jenis bangunan yang bisa kamu upgrade dan bisa kamu tambahkan sendiri bermacam-macam seperti tambang emas (untuk biaya upgrade), tambang exilir (kebutuhan biaya upgrade tambang emas dan rekrut pasukan), barak tentara (bagunan untuk rekrut pasukan),  bagunan pertahanan (menara pemanah, canon, bom ranjau, bom udara, dan lainya), labolatorium (bagunan untuk meningkatkan level pasukan), spell factory (bagunan untuk membuat senjata sihir), dan masih banyak lagi.

Gambar Menu Shop Clash of Clans

Gameplay Yang Ditawarkan Sangat Digilai Gamer Saat Ini


Apa yang membuat game strategi yang epik ini begitu diminati di kalangan Gamer smartphone?, mungkin salah satunya ialah fitur gameplay yang disematkan tidaklah membosankan. Mengapa demikian?, karena Clash of Clans disematkan fitur PvP (Player vs Player). Dimana fitur tersebut memungkinkan para pemainnya untuk berlomba dengan pemain lainnya dalam menjaga maupun menyerang desanya satui sama lain. Dengan kata lain, di game ini kamu tidak hanya semata-mata membangun dan mengolah bangunan sumber daya yang kamu punyai, melainkan kamu juga bisa menyerbu desa pemain lain yang ada di seluruh dunia untuk mencuri sumber daya mereka, entah itu emas (gold) maupun exilir. Namun pemain lain yang memainkan game Clash of Clans ini juga bisa melakukan hal yang sama terhadap desa kamu, maka dari itu kamu harus dengan jeli membangun bagunan pertahanan kamu seperti menara pemanah, canon, pelontar, bom ranjau, bom udara, dan lain sebagainya.

Gambar Epic Battle

Di saat desa kamu diserang oleh pemain Clash of Clans lainnya, di situ kejelian kamu dalam menata bangunan pertahanan diuji. Jika semisal musuh atau pemain lain berhasil menerobos dan berhasil menghancurkan desamu, namun kamu tidak perlu kecewa, karena kamu akan mendapatkan berupa shield, yang mana shield merupakan tameng yang berfungsi mencegah musuh menyerang desa kamu kembali dan sekaligus memberimu kesempatan untuk mengumpulkan sumber daya di desa kamu kembali setelah dijarah musuh atau pemain lain. Hanya saja shield tersebut mempunyai batasan waktu, dan waktu yang diberikan bermacam-macam. Jika semisal desa kamu berhasil dihancurkan oleh musuh seratus persen, maka shield yang diberikan mempunyai waktu 16 jam, dan 12 jam jika besar kerusakan hanya sekitar 50 persen. Namun kamu juga bisa membeli shield di menu Shop dengan harga dan waktu yang bervariasi. Mulai dari waktu 5 hari, 10 hari, dan sampai 35 hari.

Gambar Shield Clash of Clans

Jika bicara mengenai shield di game Clash of Clans yang bisa ditebus, bukan emas atau exilir yang bisa ditukarkan, melainkan Gems. Gems sendiri bisa dibilang, merupakan harta paling berharga di game ini, karena Gems sendiri mempunyai peran sangat vital. Bagaimana tidak, Gems sendiri tidak hanya berfungsi untuk membeli shield (pelindung) saja, melainkan juga merupakan harta yang dibutuhkan untuk menambah tukang bangunan untuk mempercepat kamu dalam memajukkan desamu. Di awal saat memainkan game ini, kamu hanya akan diberi satu tukang bangunan, untuk selebihnya kamu bisa menambah tukang bangunan sendiri dengan harga yang bervariasi pula. Mulai untuk tukang bangunan kedua yang dapat kamu rekrut akan dikenai biaya 250 Gems, 500 Gems untuk tukang bangunan ketiga, 1000 Gems untuk tukang bangunan yang keempat, dan seterusnya. Tukang bagunan dengan harga yang bervariasi tersebut, bisa juga kamu lihat di menu Shop.

Gambar Menu Shop Builder Clash of Clans

Masih menyinggung soal Gems yang ada di Clash of Clans, Gems sendiri bisa dibilang merupakan hadiah yang berharga dari setiap Achievements (papan misi) yang berhasil kamu selesaikan. Selain itu Gems juga bisa kamu peroleh dengan cara membersihkan pepohonan ataupun bebatuan yang ada disekitar desa kamu dan item bernama Gems Box yang akan hadir dalam jangka waktu tertentu dalam di sekitar base. Di situlah salah satu peran tukang bagunan bisa kamu pakai, dengan upah berupa emas atau exilir, mereka sudah bisa memberimu sejumlah Gems. Jika semisal kamu tidak sabar pada saat ingin mendapatkan sejumlah Gems, kamu bisa membelinya di menu Shop dengan harga yang bervariasi pula. Mulai dari harga Rp59 untuk 500 Gems, dan sampai dengan harga sebesar Rp1.199.000 untuk 14 ribu Gems. Begitu pentingkah Gems?, bisa dibilang relatif dan tergantung masing-masing para pemainya. Gems sendiri sifatnya cenderung untuk mempersingkat waktu, jika pemainnya tidak sabaran, mungkin dengan menebus sejumlah Gems bisa menjadi alternatif yang tepat.

Gambar Harga Gems Clash of Clans

Cara Menyerang di Clash of Clans


Terlepas dari itu semua, artikel di atas tadi kita sudah menyinggung masalah Achievements (papan misi) untuk mendapatkan sejumlah Gems. Untuk menjalankan setiap Achievements di Clash of Clans, kamu membutuhkan pasukan menjalaninya. Pasukan sendiri bisa kamu rekrut di bagunan bernama Barrack. Jenis pasukan yang bisa kamu rekrut juga bermacam, diantaranya seperti Barbarian, Archer, Giant, Wizard, Goblin, Wall Breaker, Ballon, Wizard, Healer, Dragon, dan PEKKA. Jika semisal sudah selesai mereka dengan jumlah yang ditentukan, maka kamu sudah bisa menjalankan berbagai Achievements, entah itu menyerbu pemain lain, atau menyelesaikan map. Pada saat menyerang, kamu akan diberi kontrol yang sangat mudah, hanya saja kamu harus jeli ketika melakukannya. Cukup dengan tap salah satu jenis pasukan, lalu tap kembali untuk mengarahkannya ke berbagai sektor pada desa pemain lain yang kamu anggap pantas terlebih dulu diserang.

Gambar Cara Menyerang Clash of Clans

Bentuk Atau Gabung Clan Yang Diinginkan Sebagai Bantuan


Pada dasarnya masih banyak bagian yang menarik yang ada di game Clash of Clans ini, namun di sini kita hanya bahas inti dari permainan saja. Salah satu bagian yang menurut saya terbilang menarik dan sebagai inti dari permainan ialah istilah bala bantuan. Entah pada saat kamu menyerang atau diserang lawan, tugasnya tidak hanya di pasukanmu atau gedung pertahanan desamu saja. Dengan kata lain, baik menyerang ataupun tengah diserang, di situlah fungsi sebuah clan bekerja. Pada awal permainan desa kamu mempunyai klan, namun clan dalam keadaan rusak. Nah di situ kamu harus memperbaikinya untuk bisa mengfusikannya kembali. Setelah bagunan clan berhasil kamu perbaiki, maka kamu sudah bisa membentuk clan sendiri maupun bergabung dengan clan lain. Clan bisa difungsikan untuk meminta dan menyuplay pasukan. Namun suplay pasukan disesuikan dengan kapasitas clan itu sendiri. Dengan kata lain, jika gedung clan selalu diupgrade maka akan semakin besar pula kapasitas pasukan yang diterima.

Gambar Clan Castle


Jika bicara bagian clan dan fungsi apa yang ada di clan tersebut, bisa dibilang sangat beragam. Bahkan ada beberapa persyaratan tertentu jika ingin semisal kamu ingin bergabung dengan clan tertentu. Secara garis besar, clan sendiri pada umumnya mempunyai syarat gabung berupa level trofi yang sudah kamu punyai. Misanya clan X mempunyai syarat ke pada pemain yang ingin bergabung harus mempunyai trofi minimal 1200. Maka untuk bisa bergabung di clan X tersebut, kamu harus mempunyai trofi di atas 1200. Seluruh kebijakan atau persyaratan yang dibuat clan tersebut dibuat oleh leader maupun co-leader dari clan itu sendiri. Namun disamping itu, kamu juga bisa membentuk sebuah clan dengan nama dan lambang sendiri, dan berperan sebagai seorang leader yang juga bisa membuat persyaratan-persyaratan tertentu dalam menerima anggota baru.

Gambar Mode Clan War

Setelah kamu membentuk ataupun sudah bergabung pada sebuah clan, maka di situ kamu juga akan mengenal mode clan war. Apa itu clan war?, clan war merupakan peperangan antar clan yang berlangsung selama kurun waktu dua hari. Pada hari pertama adalah mode persiapan sebelum perang dengan cara saling menyuplay pasukan ke sesama anggota, dan pada hari kedua merupakan waktu untuk berperang. Clan war sendiri pada dasarnya adalah perlombaan antar clan untuk mengumpulkan trophy paling banyak dan memperebutkan hadiah loot. Disamping mendapatkan tiga bintang, pada saat kamu berhasil menghancurkan total desa lawan kamu juga akan mendapatkan trophy, sedikitya 20 sampai 30 trophy. Dimana trophy yang kamu kumpulkan sangat berpengaruh untuk prestasi clanmu itu sendiri. Selain mendapatkan trophy, pada saat kamu berhasil dengan sukses menyerang lawan clanmu, kamu juga memperoleh jarahan resource (harta di Clash of Clans) dari lawan atau musuh.


Tips Trik Bermain Clash of Clans


Jika kamu memperhatikan sebuah video tutorial yang di atas yang sudah saya sediakan sebelumnya, pasti kebanyakan pemain baru atau pemula, masih bingung. Nah maka dari itu, saya di sini akan berbagi tips trik cara bermainnya, agar lebih mengerti lagi. Jika berdasarkan penglaman saya pribadi ketika memainkan game Clash of Clans ini, menurut saya sistem pertahanan harus dihulukan daripada resource (tambang emas dan exilir). Entah itu membangun yang baru atau hanya sekedar mengupgrade levelnya. Mengapa?, karena ada kalannya ketika kamu sudah selesai menyerang dan berhasil meraup hasil kekayaan,  pertanyaannya hasil kekayaan tersebut akan kamu gunakan untuk apa?. apa itu membangun bangunan baru atau meningkatkan bangunan yang sebelumnya?.

Nah akan lebih baik hasil jarahan tersebut kamu gunakan untuk memperkuat sistem pertahanan kamu seperti canon, menara pemanah, pagar, dan sejenisnya, yang jelas jika semisal pertahanan kamu lebih tinggi levelnya daripada bangunan resource, maka musuh atau pemain lain akan berpikir dua kali untuk menyerang desa kamu yang mempunyai sistem pertahanan (defense) yang kuat.

Jika tidak salah kita tadi menyinggung perihal klan. Nah, di Clash of Clans sendiri kamu akan bermain sampai dengan Town Hall 10. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, ketika menjalani Town Hall 1 sampai 5 akan lebih efektif jika bergabung dengan clan tertentu daripada harus membentuk clan sendiri. Karena apa?, dari Town hall satu sampai lima desa kamu akan sering diserang musuh. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus meminta bantuan di clan kamu berupa pasukan untuk membantu desa kamu ketika mengadapi serangan balasan musuh atau pemain lain. Hanya saja dengan catatan, kamu harus bergabung dengan klan yang rata-rata anggotannya berada di atas level kamu. Bisa dikatakan, kamu harus meminta bimbingan mereka dalam membangun desa, baik menyerang maupun bertahan.

Baca Juga: Berbagai Nama dan Fungsi Pasukan di Clash of Clans

Kesimpulan


Secara keseluruan terbukti Clash of Clans merupakan jenis game RTS (Rela Time Strategy) yang paling diminati para pengguna smartphone Android maupun iOS saat ini. Disamping permainan bisa dinikmati secara gratis, game strategi yang dikembangkan oleh vendor Supercell tersebut juga hanya mempunyai kapasitas yang ringan, sehingga tidak terlalu membebani memori perangkat. Saya rasa cukup sekian pembahasan kita bersama, mengenai review, tutorial, sampai dengan cara bermain clash of clans yang baik. Terutama bagi kamu yang belum pernah mencobannya, semoga bisa bermanfaat dan kamu bisa men-downloadnya melalui link di bawah ini. Cukup sekian dan terima kasih.

Clash of Clans: download - Android
Clash of Clans: download - iOS
Advertisement
advertisement
Cara Bermain Clash of Clans Bagi Pemula | Dewi Widyawati | 5

2 comments:

  1. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari Dollar online gratis tanpa modal dan legal modal HP aja, bisa ditukerin sama STEAM gift card, Gems COC, Diamond Get Rich, Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Setelah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AG62928
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    Jangan lupa share trik ini ya :)

    ReplyDelete